Dekat Ayah, Anak Tangguh


ANAK itu peniru ulung. Anak yang dekat dengan ayahnya dinilai lebih tahan stres, mandiri, dan tegas. Cara ayah bersikap sebagai kepala keluarga yang berpikir lebih rasional dan tangguh menjadi model bagi anak untuk bersikap.

Menurut Nur Ainy Fardhana, anggapan tersebut bisa jadi benar. Secara logika, cara berpikir dan sikap ayah yang tegas bisa menjadi panutan anaknya. Kaum ibu umumnya dikenal lebih toleran, berorientasi lebih pada emosi, dan fleksibel.

Tapi, hal itu tidak saklek. Sebab, saat ini, banyak pula ibu yang lebih disiplin dan bersikap rasional. Sama halnya dengan sikap seorang ayah. Sebaliknya, justru sang ayah yang lembek, penurut, seperti sikap seorang ibu. ''Kalau ibunya yang lebih disiplin dan mandiri, ada kemungkinan sikap tersebut ditiru pula oleh anaknya. Bukan dari ayahnya,'' paparnya.

Sebab, ada banyak faktor yang memengaruhi pembentukan karakter anak. Itu tak hanya terpengaruh role model dari ayah atau ibu. ''Sikap tangguh anak tak muncul dari meniru tindakan ayahnya. Tapi, bergantung pada karakter masing-masing individu, pola asuh, dan pengaruh lingkungan,'' kata dosen Fakultas Psikologi Unair itu.

Nur Ainy mengatakan, memang ada beberapa penelitian yang membahas pengaruh kedekatan ayah dengan sikap tangguh anaknya. Salah satunya penelitian dari California State University, Amerika Serikat.

Dalam penelitian tersebut, dilibatkan 912 pria dan wanita berusia 25-74 tahun. Yang diukur adalah kadar stres mereka selama delapan hari terakhir. Para responden juga ditanya mengenai hubungan mereka dengan orang tuanya pada masa kecil. Mayoritas responden menjawab, mereka memiliki hubungan yang lebih manis dengan ibu ketimbang ayah.

Responden pria yang memiliki hubungan kurang hangat dengan ayahnya cenderung lebih sulit menghadapi stres sehari-hari. Mereka juga relatif lebih mudah tertekan, mudah marah, dan gampang sakit akibat stres yang mereka hadapi. Dengan hasil penelitian tersebut, Nur Ainy menyatakan perlu pengkajian lebih lanjut.

Dia menyarankan, orang tua benar-benar menjalankan pola asuh yang benar kepada buah hatinya. Jangan terlalu disiplin, namun jangan pula bersikap lembek. Dengan begitu, anak tahu mana yang harus dan sebaiknya tidak dilakukan.

0 Response to "Dekat Ayah, Anak Tangguh"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by FThemes | Converted by BloggerTheme